Karang Bolo adalah salah satu dusun yang ada di desa Lerep yang di canangkan oleh Kepala Desa Lerep Sumaryadi sebagai bagian dari Desa Wisata Lerep. Dusun Karang Bolo merupakan dusun yang unik di lihat dari struktur penduduknya yang mayoritas semua adalah petani maupun alamnya.

Karang Bolo ini letaknya dekat dekat Alon- alon lama Ungaran . Tepatnya di kaki Gunung Ungaran dipinggir sungai Plilit dan sungai Garang di Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Karang Bolo

Karang Bolo identik sebagai “Tumpi dan Tempe Kripik”. Tumpi dan tempe kripik sangat melekat dengan dusun karang bolo ini. Tumpi dan tempe kripik adalah makanan cemilan yang di hasilkan oleh dusun ini. Rasanya sangat gurih dan enak sekali. Cocok sekali di makan kala kita sedang santai atau bahkan sebagai pelengkap hidangan seperti makanan soto.

Karang Bolo

Dulu sebelum tahun 2000 yang buat tumpi dan tempe kripik disini masih sedikit, tapi seiring dengan waktu, tumpi dan tempe kripik ini malah jadi andalan dusun Karang Bolo ini. Dulu hanya 4 pengrajin saja tapi sekarang hampir 30 KK buat tumpi dan tempe kripik ini.

Masaknya pun sangat unik, masih menggunakan tungku dengan bahan bakar kayu kering. Kalau wisatawan datang di Karang Bolo akan dapat melihat proses pembuatan tumpi dan tempe kripik ini dari awal sampai pengemasannya. Dan istimewanya kita wisatawan dapat ikut serta menggoreng camilan ini. Suatu sensani wisata yang sangat menarik sekali.

Karang Bolo

Selain dapurnya tempat melakukan aktivitas ini masih sangat tradisianal, alat penggorengnya pun juga masih tradisional. Proses penggorengan tumpi dam tempe kripik ini terbagi menjadi dua. Pertama di goreng dengan menggunakan minyak yang tidak terlalu panas, biasanya wajan ini di letakan di belakang pada tungku. Setelah ditiriskan kemudian tahap kedua di lanjutkan dengan minyak yang lebih panas yang letaknya paling depan tungku.

Karang Bolo

Setelah kira-kira masak kemudian ditiriskan pada loyang yang terbuat dari bamboo, ditunggu sampai dingin. Setelah dingin di masukan ke tempat pengemasan plastik. Biasanya dimasukan dalam plastik seperempat kilo atau sekilo. Seperempat kilo harganya hanya Rp. 8.500,- Harga yang sangat familiar, murah tapi kita dapat camilan yang sangat enak sekali.

Pemasaran tumpi dan tempe kripik ini bahkan mencapai luar kota Ungaran. Yang pesan dari luar kota pun banyak. Rata-rata penasaran dengan rasa tumpi dan tempe kripik ini. Apalagi menghadapi bulan Ramadan seperti ini, pesanan sangat banyak, bahkan kalau kita datang mendekati hari Ramadan , dipastikan kita akan tidak dapat camilan ini. Sudah habis dipesan.

Karang Bolo

Sekarang di Karang Bolo sudah semakin banyak counter-counter yang menyediakan selain makanan tumpi dan tempe kripik ini. Selain itu juga banyak makanan lain yang selain berasal dari dusun ini yang di dagangkan, mulai dari kripik daun bayam, sale pisang, kuping gajah, kripik lumbu, kripik kentang, susu kering dan masih banyak sekali camilan yang ada di counter-counter ini.

Karang Bolo

Sebagai bagian dari Desa Wisata Lerep, dusun Karang bolo sangat cocok sebagai pendukung desa wisata dengan tematik dusun Kuliner. Ingat tumpi dan tempe kripik ya ingat Karang Bolo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *