Desa Lerep mempunyai 4 Destinasi Wisata salah satunya adalah wisata alam dusun Indrokilo. Indrokilo adalah salah satu dusun yang kaya akan wisata alamnya. Banyak yang dimiliki Indrokilo antara lain Curug Indrokilo, pemandangan sunset maupun sunrise di Puncak Bidadari. Semua wisatawan akan terpukau apabila singgah di dusun ini, bukan hanya kecantikan alamnya tapi juga makanan khas yang ditawarkan disini. Tapi wisata alam Curug Indrokilo masih sangat perawan belum tersentuh apapun dan pembangunan infrastruktur jalan menuju ke tempat wisata tersebut masih tersendat karena selama ini masih dibantu oleh dana desa, dan itupun belum mencukupi. Jadi Pemerintah Desa masih sangat membutuhkan uluran tangan dan Pemerintah untuk membangun infrastruktur Curug Indrokilo sehingga layak dikunjungi oleh wisatawan manapun.

Wisata alam di desa wisata Lerep Sangat bervariasi dan tidak dijumpai di desa manapun.

Watu Gunung adalah suatu tempat wisata alam yang berlatar belakang Gunung Ungaran, sangat cocok sekali untuk wisata keluarga dan edukasi. Tepatnya di jalan Srikandi no 1, Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat.

Tempat wisata Watu Gunung ini ditata dengan mengedapankan nilai-nilai seni dan budaya Jawa secara alami. Mulai dari penataan bangunan Joglo dan penataan jalan akses menuju tiap bangunan ini juga mengedepankan nilai artistic alami. Suasana alam yang diciptakan dengan bangunan pelengkap yang ada sangat dinamis dan serasi.

Watu Gunung berasal dari istilah bahwa tempat wisata ini mendatangkan batu batu dari gunung untuk pelengkap kawasan wisata ini. Mulai dari Singorojo, Muntilan, Purworejo sampai Purbalingga batu-batu ini di datangkan. Makanya di namakan Watu Gunung.

Watu Gunung dulunya hanya sebuah kebun dengan tanaman pala dan cengkeh. Dengan luas kurang lebih 3,5 H, tempat ini disulap sama pemiliknya Eri Sadewo menjadi tempat wisata keluarga dengan konsep Jawa yang sangat dinamis dan asri.

Selain bangunan Joglo yang sekarang ada 9 buah, ada juga ada gazebo-gazebo yang letaknyanya di tepi danau buatan sebagai pelengkap kawasan ini. Siapa saja dapat menikmati pemandangan danau buatan ini dengan latar belakang Gunung Ungaran. Yang sangat menarik disini adalah di seputar danau buatan ini terdapat batu batu gunung yang besar-besar dengan kondisi yang bersih, batu-batu ini memang di datangkan dan ditata sedemikian alami untuk menyatukan dengan danau buatan tersebut.

Danau buatan, batu-batu besar, gazebo-gazebo kecil yang ada merupakan suatu kesatuan yang utuh untuk fasilitas yang ada di Watu Gunung ini. Selain itu juga ada fasilitas tambahan berupa kolam renang yang dibuat tidak standart ukurannya maupun kedalamannya. Karena fasilitas kolam renang ini di gunakan hanya sebagai kolam wisata keluarga. Sepanjang kolam ini juga di fasilitasi dengan adanya gazebo-gazebo dengan ukuran yang besar yang digunakan sebagai tempat berteduh dan santai bila mana kita tidak ada aktivitas di kolam renang.

Selain itu juga di sepanjang kolam renang ini tumbuhan peneduh banyak ditata dengan asrinya, mulai dari palem, pala dan pohon peneduh lainnya. Sehingga bilamana kita sedang berenang di tempat ini pasti suasannya akan teduh dan damai. Sinar matahari hanya ada disela-sela pohon saja. Air kolam di datangkan dari sumber air gunung dan langsung mengalir tampa ada perputaran air. Dengan demikian air yang ada di kolam renang ini selalu bersih dan terjaga baru terus.

Tempat wisata keluarga Watu Gunung ini sering sekali di pakai selain acara keluarga juga sering di pakai untuk acara reuni atau acara-acara kantor bahkan ada pula yang buat video klip atau foto pra wedding juga disini. Untuk acara dengan mendatangkan orang banyak seperti reuni tempat ini cocok sekali dan tarip sewa tempatnya juga sangat bersahabat.

Harga sewa tempat terbagi menjadi 3 buah yaitu :

  1. Untuk sewa satu tempat dengan 25 sampai 30 orang di tempatkan pada bangunan Joglo dengan sewa Rp. 1 juta.
  2. Untuk sewa satu tempat dengan 50 sampai 80 orang di tempatkan pada bangunan Joglo dengan sewa Rp. 2.5 juta.
  3. Untuk sewa satu tempat dengan 100 orang lebih di tempatkan pada bangunan Joglo dengan sewa Rp. 3 juta

Dan yang istimewa disini walaupun kita sewa tempatnya, makanan atau sound system kalau kita mau bawa sendiri di perbolehkan, tapi kalaupun kita mau pesan all in, pihak Watu Gunung pun bersedia dengan negoisasi harga di luar harga sewa tempat. Fasilitas tempat parkir sangat luas dan dapat menampung sekitar 400 mobil.

Wisata Watu Gunung ini setiap hari buka mulai pukul 08.00 wib sampai 17.30 wib, dengan tarip masuk perorang Rp. 20.000,- Setiap hari ramai di datangi oleh para pengunjung baik dari dalam kota maupun luar kota untuk menghilangkan penat dari kesibukan rutin kerja atau hanya ingin sekedar bersantai ria. Bila ingin menggunakan tempat Watu Gunung ini bisa menghubungi Pak Bari sebagai pengelola tempat ini dengan contact person 085727204770.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *