4 views

Kunjungan Tamu Desa Tlahab Kec. Gemuh Kendal

Kunjungan Study Banding Desa Tlahab, Kendal Dalam Rangka Penguatan dan Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa dan Lembaga terkait Pengelolaan BUMDes & Pemberdayaan Masyarakat Desa ke Desa Wisata Lerep

LEREP – Kepala Desa dan Perangkat Desa Lerep kembali mendapat kunjungan tamu studi banding. Kali ini tamu studi banding berasal dari Perangkat Desa dan Lembaga Desa, Desa Tlahab Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal (Sabtu, 14 September 2019). Sebanyak 50 orang perwakilan mulai dari Perangkat Desa dan Anggota Lembaga Desa lainnya. Kegiatan study banding akan dilaksanakan pada 14 September – 15 September 2019, Dalam kunjungan ini mereka ingin mendapatkan kondisi dan informasi Pengelolaan BUMDes dan Pemberdayaan Masyarakat. di samping acara silaturahmi untuk mempererat rasa persaudaraan, persatuan sesama perangkat desa, anggota lembaga desa.

Di Desa Lerep, rombongan langsung disambut hangat oleh Kepala Desa, Sumariyadi ST. beserta jajarannya. Pertemuan ini berlangsung di Balai Desa. Acara diawali dengan pembukaan oleh Kasi Umum dan Perencanaan, Dwi Lestari, selanjutnya, pengenalan diawali dengan pemaparan singkat tentang profil Desa Wisata Lerep oleh Sumariyadi ST diteruskan dengan pengenalan BUMDes, karangtaruna, RT/RW, KPMD, PKK, BPD dan tentang slogan Guyub Rukun.

Tujuan studi banding kali ini adalah perlu kiranya perangkat desa dan anggota lembaga desa diberikan pengenalan, wawasan, inovasi dan kreasi dari desa wisata yang berkemajuan dengan latar belakang serta kondisi yang berbeda yang selama ini namanya sering dibicarakan dikalangan desa, juga  ingin mendapatkan informasi tentang urusan pengelolaan BUMDes dan pemberdayaan masyarakat dan acara silaturahmi.

Dalam kegiatan studi banding ini para rombongan memilih paketan desa wisata yang disediakan oleh pokdarwis desa lerep dimana paketan berupa homestay, paparan mengenai BUMDes , pajero, tour guide (pendampingan saat mengelilingi desa wisata lerep), pasar kuliner, dan hiburan.

Selanjutnya, Kepala Desa Sumariyadi ST menyatakan ’Momentum ini mampu menjadi media silaturahmi, dan cukup berbangga sebagai warga desa wisata lerep bisa berbagi untuk meningkatkan kapasitas perangkat desa dan anggota lembaga desa di era kemajuan teknologi informasi “. Dalam kesempatan tersebut Sumariyadi ST mengajak seluruh peserta studi banding untuk mengenal lebih dekat tentang potensi desa. Tidak hanya di bidang pemberdayaan, wisata, tetapi juga potensi yang lain, seperti dalam bidang Badan Usaha milik desa.

Setelah sharing dan bertukar informasi, peserta rombongan kemudian keliling desa untuk melihat langsung aktivitas di desa wisata lerep.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *